Posted by: p4mriaceh | November 20, 2010

Permainan Kode Rahasia yang Menantang

Permainan  Kode Rahasia yang Menantang

Oleh: Rita Novita

Sebagian orang masih beranggapan bahwasanya “belajar matematika itu sulit dan menyeramkan”, apalagi bagi anak-anak usia sekolah terutama yang masih duduk pada tingkat dasar. Karena anggapan ini dan ditambah dengan kenyataan yang mereka dapati di kelas ketika belajar matematika maka semangat untuk belajar seterusnya akan menurun.

Ternyata dengan menggunakan permainan, kita bisa merubah anggapan tersebut terhadap pembelajaran matematika. Permainan dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih menarik dan menyenangkan. Tidak hanya itu, melalui permainan pula siswa dapat belajar dan memahami konsep matematika, serta melatih berbagai ketrampilan matematika seperti menjumlah, mengurang, mengali dan membagi. Menurut Mayke dalam Gustini (2010)  bahwa belajar dengan bermain memberi kesempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, menemukan sendiri, bereksplorasi, mempraktikkan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep serta pengertian yang tidak terhitung banyaknya. Disinilah proses pembelajaran terjadi. Dengan demikian, permainan bisa menjadi alternative atau pengganti latihan matematika.

Untuk mengukur pemahaman konsep yang telah dipelajari dan melatih ketrampilan siswa dalam meyelesaikan masalah, biasanya kita melakukan dengan  dengan memberikan latihan soal sebanyak-banyaknya. Namun seringkali siswa malas dan mengabaikan hal tersebut karena merasakan bosan. Oleh sebab itu, permainan dapat menjadi alternatif yang baik untuk latihan.

Kode rahasia adalah salah satu permainan yang sangat menyenangkan digunakan untuk melatih dan mangasah kemampuan siswa dalam pembagian khususnya dalam pemfaktoran. Permainan ini memiliki nama asli ”Hit the Save”, merupakan salah satu dari permainan matematika online yang diciptakan oleh Institut Freudenthal, Belanda. Namun,  setelah dimodifikasikan oleh penulis dalam bentuk paper base yang mudah digunakan di dalam kelas yang tidak memiliki koneksi intenet, nama permainan ini diubah menjadi Kode Rahasia.


Prinsip dari Permainan kode rahasia ini adalah siswa diminta untuk menemukan kode rahasia yang dapat dipakai untuk membuka peti besi yang berisi dengan uang. Kode rahasia tersebut terdiri dari bilangan-bilangan 1-10 yang habis membagi bilangan yang terdapat pada lingkaran yang berwarna merah. Kode tersebut boleh dituliskan dalam urutan acak.

Terdapat dua alat utama pada permainan ini yaitu peti besi yang memiliki kode-kode dari 1-10 yang melingkar pada lingkaran besar dan ditengahnya terdapat tombol merah. Pada tombol merah tersebut terdapat suatu bilangan yang merupakan clue (petunjuk) untuk membuka peti tersebut.. Bagian yang satunya lagi adalah papan kode yang memiliki 10 jendela (lipatan kertas yang dapat dibuka) yang bertuliskan angka 1 – 10 . Jendela-jendela ini di gunakan untuk menyimpan dan melihat kode yang benar.

Adapun cara kerja dari setiap alat-alat tersebut adalah:

1.      Bilangan dari 1-10 yang terletak pada peti besi adalah bilangan-bilangan yang berkemungkinan sebagai kode. Bilangan yang menjadi kode tersebut haruslah habis membagi bilangan yang terdapat pada lingkaran merah. Peti besi bisa digunakan berulang kali dengan menganti bilangan yang terdapat pada tombol merah dengan bilangan lain dari 0-100 atau dari 101-999.

2.      Papan kode digunakan untuk menyimpan kode yang benar. Bilangan yang menjadi kode diberi tanda  

dan yang bukan menjadi kode diberi tanda dengan     .

3.      Bilangan kode boleh ditulis atau disusun dengan acak atau tanpa berurutan. Akan tetapi bila salah satu bilangan yang menjadi kode salah, maka kode tersebut dianggap salah.

Cara bermain:

  1. Cara bermain permainan kode rahasia bisa dilakukan dengan berkelompok atau perindividu. Akan tetapi untuk menghidupkan suasana kelas dan semua siswa terlibat, lebih baik guru mengkondisikan siswa ke dalam beberapa kelompok. Sebelum memberikan soal, guru terlebih dahulu mempersiapkan jawaban didalam papan kode. Salah satu contoh soal adalah:

“Dalam lingkaran merah guru memberikan bilangan 24, maka jawaban (kode) yang diharapkan dari siswa adalah: 1, 2, 3, 4, 6, dan  8″

2.   Setiap group diminta untuk menjawab soal-soal yang diberikan guru dengan cepat dan tepat.

3.   Group yang paling cepat menjawab dengan jawaban yang benar akan mendapatkan nilai 100.

4.   Kebenaran jawabannya ditentukan dengan menggunakan papan kode, group yang menjawab dengan cepat, diminta ke depan kelas untuk membuka setiap jendela sesuai dengan angka yang telah mereka persiapakan. Bila semua jendela terdapat gambar   maka jawaban nya benar, akan tetapi bila salah satu atau semua dari bilangan yang mereka persiapkan sebagai kode menunjukkan gambar

maka mereka tidak mendapatkan nilai karena jawaban tersebut salah.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?. Jadi, bagi guru-guru yang ingin menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik dan bervariasi, menggunakan berbagai bentuk permainan matematika adalah salah satu solusi yang patut untuk di coba.

Pengalaman Bermain Kode Rahasia

Inilah keadaan yang bisa kita lihat ketika permainan Kode Rahasia dicobakan di kelas IVE SD Muhammadiyah 6 Palembang. Siswa yang sebelumnya sudah belajar tentang KPK dan FPB, sangat senang ketika mereka diajak bermain kode rahasia ini. Pada dasarnya penulis bersama guru dan dua rekan tim (Achmad Badrun Kurnia dan Septy Sari Yukan) ingin memberikan permainan ini sebagai latihan atau evaluasi yang berhubungan dengan kemampuan siswa memfaktorkan suatu bilangan.

Permainan ini dimainkan secara berkelompok dengan aturan semua anggota kelompok harus mengetahui cara untuk mendapatkan kode rahasia tersebut, karena guru akan menunjuk secara acak salah satu dari mereka untuk menjelaskan jawaban di depan kelas.

Semua siswa terlihat aktif ketika permainan berlangsung, bekerja dalam kelompok mereka dan melakukan interaksi satu dengan yang lainnya dalam menentukan jawaban.

Ternyata hasil yang diperoleh dari pembelajarn hari itu tidak hanya menyenangkan, akan tetapi sangat menantang. Beberapa siswa yang masih lemah dalam melakukan operasi pembagian merasa termotivasi untuk bisa, karena mereka ingin membantu kelompoknya dalam mengumpulkan poin.

Contoh cerita yang dapat di gunakan untuk membuka permainan ini dapat diliat dan di download disini. Bagi pembaca yang ingin mencoba langsung bermain permainan”Hit the Save” bisa mengunjungi langsung RekenWeb Games.


Responses

  1. Salam kenal… Nama saya Kak Zepe
    Metematika akan menjadi sangat mudah bila diajarkan dengan cara yang menyenangkan..
    Saya juga ada metode mengajarkan matematika dengan cara yang menyenangkan, terutama buat anak-anak…
    Untuk menemukannya bisa klik:
    http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/metode-mengajarka-matematika-kreatif.html

  2. Tolong dong saya dikirimi macam-macam permainan tadi ke email saya.Di tunggu ya makasih banyak tas bantuanya

  3. assalamu’alaikum wr wb…
    saya sangat tertarik dgn artikel ini karena dengan metode permainan seperti ini siswa dapat termotivasi untuk belajar matematika dengan semangat dan menyenangkan sehingga matematika tidak di anggap suatu pelajaran yang sulit oleh siswa tingkat sekolah dasar, bahkan dengan permainan seperti ini siswa dapat menyebut bahwa matematika adalah pelajaran yang menantang dan penuh dengan rasa penasaran akan jawaban dari soal yang menyenangkan.

  4. saya juga suka metode ini karena membuat siswa menjadi lebih aktive dan kreative

  5. assalamualaikum
    wah menurut saya metode ini sangat tepat di gunakan untuk proses pembelajaran karena membuat siswa selalu aktif untuk mengembangkan potensi anak dalam berfikir


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: