Posted by: PRP-PMRI UNSYIAH | October 20, 2013

Kontes Literasi Matematika (KLM) & Semiloka PISA

Tuntutan kurikulum 2013 menghendaki siswa tidak hanya mampu menyelesaikan soal-soal rutin dengan menggunakan rumus/algoritma yang baku, akan tetapi juga harus mampu bernalar dan menggunakan matematika untuk memecahkan masalah non-rutin yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan seperti itu tidak mungkin dikuasai oleh siswa dengan sendirinya tanpa dilatihkan guru di kelas. Untuk itu guru matematika dituntut menyiapkan peserta didiknya agar menjadi literat (melek) dalam matematika sehingga mampu mengikuti berbagai perubahan global dan menempati ranking yang lebih baik pada penilaian internasional. Salah satu penilaian yang dimaksud adalah PISA (Programme for International Student Assessment ).

Berdasarkan uraian di atas, Prodi Pendidikan Matematika melalui P4MRI Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan Kontes Literasi Matematika (KLM) bagi siswa SMP/MTs dan Semiloka terkait dengan (PISA) bagi guru matematika. Informasi jelas, dapat dilihat pada brosur di bawah.

Bagi Siswa SMP/MTs, ini saatnya kamu tunjukkan kemampuan dalam “bermatematika” …..Segera daftarkan dirimu dengan mengisi formulir yang telah tersedia.
Bagi guru-guru matematika yang ingin mengetahui lebih jauh tentang apa itu PISA segeralah bergabung dan mendaftarkan diri anda pada acara semiloka tersebut…:-)

Leaflet KLM 2013 di Unsyiah 2Brosur lengkap dapat diunduh di sini.

Bagi kamu-kamu yang akan mengikuti Kontes Literasi Matematika, perlu diketahui bahwa Kontes Literasi ini merupakan kegiatan lomba yang diadakan tingkat Nasional lho….itu artinya untuk kamu yang berhasil menjadi juara akan diikutsertakan lagi dalam acara GRAND FINALNYA…

Grand Final KLM

di YOGYAKARTA
12 November 2013

DISELENGGARAKAN OLEH:

Institut Pengembangan PMRI

Sekretariat: Jl. Diponegoro 12

  BANDUNG

Sebagai bahan latihan dan persiapan, kamu bisa download Soal-soal PISA di blog ini juga. Ayo Buruan…..segera daftarkan dirimu..:-)


Leave a comment

Categories