Posted by: p4mriaceh | November 2, 2010

Tangram

TAUKAH ANDA APA ITU TANGRAM?

(by:Rita Novita)

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan kata tersebut atau tidak begitu mengenal dengan apa yang namanya tangram. Akan tetapi bagi anda yang sudah akrab dengan permainan yang satu ini, pasti anda akan sangat tertarik untuk memainkannya dan meyelesaikan tantangan-tantangan yang diberikan oleh permainan ini.

Tangram adalah permainan puzzle tertua yang tercatat dalam sejarah. Tangram berasal dari China. Menurut salah satu cerita. Ada seorang tukang keramik yang diperintah oleh Kaisar untuk membuat motif lantai istana kaisar. Karena pusing menentukan motif yang cocok, akhirnya dia membuat tangram tersebut. Dari tangram dia bisa membuat berbagai macam motif.  Gambar di bawah memperlihatkan sebagian dari berbagai macam motif tersebut.Pada dasarnya gambar-gambar tersebut hanya dibentuk oleh 7 bangun datar saja yang terdiri dari 5 buah segitiga, 1 buah persegi, dan 1 buah jajargenjang.Walaupun tangram banyak dijual di pasar, kita juga bisa membuatnya dengan  cara dan bahan yang sangat mudah baik itu karton atau kertas.

Ada banyak cerita tentang tangram namun sejarah pastinya tidak ada yang tahu. Tangram pertama kali tercatat pada literatur di China pada tahun 1813 [1]. Pembaca bisa search di internet dengan keyword “tangram”, akan keluar banyak gambar atau cerita tentang tangram.

Ada juga orang yang  mencari berapa banyak bentuk convex (cembung) yang bisa dibentuk dari keping-keping tangram tersebut.  Orang tersebut pasti senang matematik. Proof by Fu Traing Wang dan Chuan-Chih Hsiung [2] membuktikan bahwa jawabannya adalah 13 (tiga belas). “Bentuk Convex itu apaan sih?”, convex itu bahasa Indonesianya cembung. “Iya… tau… convex itu cembung…… tapi apaan?”  Begini, kalau ada suatu gambar di kertas. Gambar dua titik di dalam gambar tersebut. Anda bebas memilih lokasi titik, asalkan ada di dalam gambar. Kemudian tarik garis lurus antara dua titik tersebut. Jika garis tersebut selalu berada di dalam gambar, maka gambar tersebut adalah convex. Gambar di bawah memperlihatkan bentuk convex yang dapat disusun oleh keping-keping tangram. Jika Anda dapat mencari bentuk ke-14, Anda mungkin bisa tercatat dalam sejarah.

Tangram adalah permainan puzzle yang sangat menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan tapi juga melatih imajinasi. Tanpa perlu penjelasan lebih dalam, dengan melihat contoh-contoh gambar di atas, sudah cukup jelas bagi pembaca bahwa tangram bisa melatih imajinasi.

Sumber: http://www.omochatoys.com/index.php?option=com_content&view=article&id=425:tangram&catid=78:mainan-edukatif&Itemid=163

  • Pengalaman Bermain Tangram

Salah satu tujuan permainan tangram seperti yang disebutkan di atas adalah melatih imajinasi siswa. Tidak hanya itu, dalam matematika sendiri permainan tangram ini bertujuan untuk untuk mengembangkan kreativitas anak dan mengenalkan bentuk bidang datar kepada anak-anak.

Berdasarkan tujuan di atas, penulis bersama rekan-rekan (Achmad Badrun Kurnia dan Septy Sari Yukans) mencobakan permainan ini di kelas IVE SD Muhammadiyah Palembang dalam mengawali pelajaran keliling dan luas bangun datar. Sebenarnya, tujuan permainan tangram pada hari itu hanyalah sebagai apersepsi siswa dalam mengingat kembali bentuk-bentuk bangun datar.

Menyusun tangram

Ternyata memang benar selain menyenangkan tangram juga sangat baik dalam melatih imajinasi anak. Hal inilah yang terjadi di kelas tersebut, aneka bentuk tangram yang harus disusun dapat mereka selesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit, padahal sebelumnya kami (Tim) memprediksikan siswa akan merasa kesulitan dalam menyusun beberapa bentuk model dan membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Tentu saja hasil yang diperoleh mereka tidak datang megitu saja, melainkan melalui tahapan berpikir serta menentukan posisi yang sesuai untuk bangun datar-bangun datar yang akan digunakan untuk menghasilkan bentuk yang sesuai dengan pola atau gambar.

Untuk observasi selanjutnya, kami berencana memberikan kembali permainan ini kepada siswa di kelas yang lebih rendah untuk melihat bagaimana cara mereka untuk menyelesaikan permasalahan tangram tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Bila ingin menguji kemampuan anda bisa mencoba secara langsung dengan membentuk tangram seperti di atas atau bisa mengunjungi beberapa website yang menyediakan permainan tangram online, salah satunya dengan megunjungi http://www.omochatoys.com

by: Rita Novita


Responses

  1. dngan metode tangram ini siswa menjadi lebih kreative dlm pengembangan potensinya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: