Posted by: p4mriaceh | October 31, 2012

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA

BERBASIS KARAKTER MELALUI PENDEKATAN REALISTIK

oleh: Dr. Rahmah Johar, M.Pd

Karakter suatu bangsa sangat bergantung pada kualitas karakter sumber daya manusia bangsa tersebut. Akhir-akhir ini banyak kita rasakan melemahnya karakter sumber daya manusia di Indonesia, seperti terdapatnya penyimpangan nilai-nilai moral atau nilai agama, serta kemunduran dalam hal kemandirian, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kejujuran, dan kreativitas. Untuk itu diperlukan usaha yang menyeluruh oleh semua pihak seperti keluarga, sekolah, dan komponen masyarakat.

Pendidikan di sekolah merupakan salah satu komponen yang turut mempengaruhi pembentukan karakter siswa. Namun kondisi pendidikan di sekolah saat ini cenderung mengembangkan aspek kognitif siswa, dimana aspek selain kognitif seperti afektif kurang mendapat perhatian. Hal ini disebabkan oleh sistem pendidikan yang lebih berorientasi pada mengejar target kurikulum. Bahkan terkadang guru menunjukkan sikap yang negatif terhadap pembentukan karakter siswa, seperti kurang menghargai siswa, jarang memberikan pujian kepada siswa, guru lebih banyak mengkritik siswa. Akibatnya siswa menjadi kurang percaya diri, kurang menghargai orang lain, dan tidak kreatif.

Untuk itu perlu ditinjau kembali peran guru di kelas dan muatan kurikulum untuk sekolah, terutama untuk sekolah dasar. Khusus untuk muatan materi matematika di SD, pembelajaran matematika terlalu mengedepankan berfikir formal dengan menerapkan rumus atau aturan di kelas rendah. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sedang mengembangkan buku untuk panduan guru dan buku siswa dengan memperhatikan aspek lintasan belajar yang sesuai dengan perkembangan berfikir  siswa di sekolah dasar, kreativitas, dan demokrasi (Amin dkk, 2010). Buku ini akan diterbitkan tahun 2012 di bawah Balitbang Kemendiknas. Namun buku ini perlu diujicobakan dulu di sekolah untuk mengkaji dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Karakter yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi pada kepercayaan diri, kreativitas, dan kemandirian siswa.

Mahasiswa PGSD sebagai calon guru juga perlu dipersiapkan dari awal untuk dapat menerapkan pembelajaran matematika berbasis karakter melalui pendekatan realistik. Untuk itu perlu dikembangkan bahan ajar yang disertai dengan teori dan bukti empiris tentang upaya yang dilakukan guru dalam mengajarkan matematika berbasis karakter melalui pendekatan realistik serta dampaknya terhadap karakter siswa.

Laporan Lengkap dapat di download disini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: