Posted by: p4mriaceh | December 10, 2014

Laporan KLM 2014

FKIP UNSYIAH MELAKSANAKAN KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM)

TINGKAT SMP SE-PROVINSI ACEH

 

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah, bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah telah melaksanakan Kontes Literasi Matematika (KLM), tingkat SMP se-Provinsi Aceh pada hari Sabtu tanggal 15 November 2014. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mensosialisasikan soal-soal PISA (Programme for International Student  Assessment ). Selama ini ranking siswa Indonesia pada PISA selalu ranking lima terbawah.

Ketua pelaksana KLM, Dr. Rahmah Johar, M. Pd menjelaskan bahwa sosialisasi soal-soal PISA melalui KLM ini sangat sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menghendaki siswa tidak hanya mampu menyelesaikan soal-soal rutin dengan menggunakan rumus/algoritma yang baku, akan tetapi juga harus mampu bernalar dan menggunakan matematika untuk memecahkan masalah non-rutin yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan seperti itu tidak mungkin dikuasai oleh siswa dengan sendirinya tanpa dilatihkan guru di kelas. Untuk itu guru matematika dituntut menyiapkan peserta didiknya agar menjadi literate (melek) dalam matematika sehingga mampu mengikuti berbagai perubahan global dan menempati ranking yang lebih baik pada penilaian internasional. Menurut Dr. Rahmah Johar, selaku ketua P4MRI Unsyiah  sekaligus ketua pelaksana, KLM 2014 diikuti oleh 82 siswa SMP yang berasal dari SMP di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kota Sigli. Tahun depan diharapkan  peserta dari kabupaten dan Kota di provinsi Aceh lebih banyak lagi yang mengikuti kegiatan ini. Direncanakan kegiatan KLM tahun berikutnya akan diusulkan sebagai Program Pengabdian Masyarakat yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan guru yang mewakili kabupaten dan Kota di provinsi Aceh.

Adapun soal untuk KLM 2014 dirancang oleh dosen, alumni S2 IMPoME (kerja sama Unsri dan Unesa dengan Utrecht University, Belanda), mahasiswa S2 MPMAT Unsyiah, dan mahasiswa S1 FKIP Unsyiah yang telah melaksanakan penelitian berkaitan dengan PISA. Soal-soal tersebut dirancang sendiri oleh tim pembuat dan beberapa diantaranya diadaptasi dari soal PISA tahun 2009 dan 2012. Sedangkan soal KLM tahun lalu dibuat oleh tim PMRI Pusat. Perlu juga dilaporkan bahwa KLM 2013 tahun lalu diikuti oleh 93 perserta dengan juara I adalah Aulia Ikhsan Nur Alam (SMPN 1 Banda Aceh), selanjutnya tingkat final di Yogyakarta memperoleh juara harapan II.

Pembantu Dekan IV FKIP Unsyiah, Drs. Abu Bakar, M. Si ketika membuka acara memberikan apresiasi kepada Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah, bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah karena telah melaksanakan KLM. Menurut Bapak Abu, berdasarkan pengalaman beliau selama menjadi asesor/konselor di beberapa perusahaan dan instansi, salah satu aspek penilaian yang sangat menentukan kelulusan ataupun kinerja pegawai/karyawan adalah kemampuan penalaran berkaitan dengan matematika dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah, sangat cocok dengan literasi matematika. Melalui KLM ini diharapkan anak-anak di Aceh maupun di Indonesia mampu bersaing di dunia kerja.

Salah satu soal yang diujikan pada babak penyisihan KLM adalah sebagai berikut.

 

BUTIRAN AIR

Perhatikan  gambar daun dan butiran air yang ada di atasnya

butiran air

Berdasarkan gambar di atas, bisakah  kamu menentukan banyak butiran air yang terdapat pada daun tersebut? Berikan alasanmu untuk setiap jawaban yang kamu punya!

Salah satu soal yang diujikan pada babak semifinal adalah sebagai berikut.

 

Kamera CCTV di toko Sejahtera  Gallery

Pemilik Toko Sejahtera Galeri ingin mengantisipasi aksi pencurian yang kerap sekali terjadi di tokonya. Dia memutuskan untuk menggunakan kamera CCTV untuk memantau semua aktivitas pengunjung. Kamera tersebut dapat bergerak ke kanan dan ke kiri sampai 360o. Pemilik toko meletakkan kamera tersebut pada suatu sudut ruangan (titik P) di tokonya, sebagaimana terlihat pada gambar berikut:

cctv

Ket:

O     : Orang (Pengunjung)

a – j: Label Bagian Toko

Jika dalam toko tersebut terdapat 10 orang yang sedang berbelanja pada sepuluh bagian toko yang berbeda, dimana posisi ke sepuluh orang pengunjung tersebut dilabel dengan titik a, b, c, d, e, f, g, h, i, j (sebagaimana terlihat dalam gambar  di atas), maka berikan saranmu dimana sebaiknya kamera itu dipasang agar pemilik toko dapat memantau bagian tokonya sebanyak mungkin? Jelaskan bagaimana kamu mengetahui bahwa tempat tersebut adalah tempat yang terbaik untuk memasang kamera.

Setelah melalui tiga babak yang melelahkan, mulai dari babak penyisihan, semi final, dan final, diperoleh juara KLM 2014 sebagai berikut. Juara I M. Afuw Mudhaffar (MTsN Model Banda Aceh), Juara II Farah Rafiqa Aulia (MTsN Model Banda Aceh), Juara III Taufiq Ramadhan (SMP YPPU Sigli), Juara Harapan I Eva Ayudya Maharani (SMPN 1 Banda Aceh), Juara Harapan II Indah Permata Sari (SMPN 1 Banda Aceh), dan Juara Harapan III Qatratunnada (SMPN 6 Banda Aceh). Juara I, II, dan III: mendapatkan hadiah piala, uang pembinaan, dan sertifikat. Selanjutnya Juara I akan mengikuti KLM tingkat nasional di P4TK Yogyakarta pada tanggal 1-3 Desember 2014..

Melalui laporan ini kami sebagai panitia mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan FKIP Unsyiah yang telah memberikan dukungan fasilitas dan konsumsi, kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kota Banda Aceh yang telah memberikan rekomendasi kepada SMP/MTs negeri maupun swasta agar mengikuti KLM, ketua prodi/sekretaris prodi/dosen/mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah yang telah bekerja keras mensukseskan acara mulai dari membuat soal serta menjadi juri, sekolah/siswa yang sudah berpartisipasi, serta semua pihak yang ikut mendukung kegiatan KLM 2014. Semoga bantuan dan dukungan dari semua pihak dinilai sebagai ibadah, amin.

Foto kegiatan:

 

 

Para Juara KLM 2014

Para Juara KLM 2014
Juri panitia juara dan pendamping

Juri, panitia, juara, dan pendamping

Penyerahan piala

Penyerahan piala oleh Dr. Rahmah Johar, M. Pd kepada Juara I KLM 2014
Ketua pelaksana,
Dr. Rahmah Johar, M.Pd


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: