Profile

PROFIL PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (P4MRI)

UNIVERSITAS SYIAH KUALA

  1. Sejarah Pendirian PMRI

Menjelang akhir abad yang lalu, sekelompok matematikawan dan pendidik di Indonesia merasa sangat khawatir tentang kualitas pendidikan matematika. Keprihatinan ditujukan kepada siswa dengan intelektualitas lebih lemah. Jarak antara siswa terpandai  dan terlemah sangat besar di Indonesia. Secara umum siswa Indonesia yang lebih lemah adalah siswa paling lemah di dunia. Sebagian besar dari mereka takut matematika dan matematika fobia.

Pendidikan matematika bertujuan agar siswa mengembangkan pemahaman dan penalaran agar  membantu negara untuk menjadi masyarakat demokratis. Pendidikan matematika yang baik akan membuat siswa mengartikulasikan kewarganegaraannya. Kelompok matematikawan dan pendidik tersebut meneliti pendidikan matematika di berbagai negara dan memilih untuk mengembangkan suatu bentuk Realistic Mathematics Education di Indonesia. Mereka memutuskan untuk membuat versi lokal pendidikan matematika realistik, khususnya disesuaikan dengan budaya Indonesia. Ssejak awal mereka menyadari bahwa tidaklah cukup untuk mengimpor dan menyebarluaskan apa yang berhasil di negara lain. Dalam pandangan mereka, reformasi pendidikan matematika harus bottom-up (dimulai dari bawah ke atas) dan mulai dari situasi Indonesia yang spesifik. Hal ini yang menjadi dasar pengembangan dan desain “Realistic Mathematics Education In Indonesia” atau Pendidikan matematika Realistik Indonesia (PMRI), sebagaimana disebut di Indonesia.

Pada akhir 90-an, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIRJEN DIKTI) mensahkan sebuah tim PMRI yang terdiri dari ahli matematika, pengajar matematika dan perwakilan dari perguruan tinggi untuk memimpin reformasi pendidikan matematika. Institut Pengembangan Matematika Realistik Indonesia (IP-PMRI) adalah “markas” dari gerakan pendidikan matematika realistic Indonesia.

Kronologis sejarah pergerakan PMRI dapat ditandai oleh tiga hal penting. Pertama, empat peneliti muda yang sangat berbakat pergi untuk mendapatkan PhD dalam pendidikan matematika. Kedua, empat universitas dan dua belas sekolah berafiliasi memulai eksperimen dan memperkenalkan PMRI; gerakan awal didukung oleh dua konsultan Belanda melalui hibah Belanda. Ketiga, program ini diperluas dari empat universitas menjadi delapan belas universitas. Gerakan ini akhirnya  berkembang pesat berkat dukungan konsultan dari APS dan Institut Freudenthal.

Dalam sepuluh tahun, PMRI telah berkembang dari sebuah mimpi menjadi gerakan nasional berkelanjutan. Sepuluh tahun ke depan diharapkan akan terlihat wujud bantuan PMRI dalam mengembangkan pendidikan matematika Indonesia serta keberhasilannya dalam mendukung masa depan Indonesia yang demokratis.

  1. 2. Sejarah Pendirian P4MRI Unsyiah

Beranjak dari “keringnya” pembelajaran matematika terutama di Aceh dan pergerakan PMRI yang masih terpusat di pulau Jawa¸ maka diperlukan upaya untuk mengembangkan PMRI di Aceh. Keterlibatan salah satu dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah dalam PMRI diawali pada tahun 2001 dengan menjadi sebagai salah satu observer implementasi PMRI di Surabaya dan aktif dalam seminar maupun workshop nasional PMRI. Sehingga mulai tahun 2007¸ PMRI Pusat yang berkantor di ITB melalui dana Hibah Dikti dan APS Belanda dari dana Nuffict memberikan kepercayaan kepada Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah untuk melaksanakan Start up Workshop PMRI yang dilanjutkan dengan pendampingan guru SD/MI ke sekolah. Pada bulan November 2008 Rektor Unsyiah menerbitkan SK pembentukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah sebagai salah satu Pusat Studi di bawah Lembaga Penelitian Unsyiah. Sampai saat ini terdapat 36 SD mitra PMRI Unsyiah yang didampingi oleh 20 dosen Pendidikan Matematika di LPTK Aceh.

Selain APS Belanda sebagai konsultan PMRI, P4MRI Unsyiah juga berkejasama dengan KSU Belanda. Kerjasama ini diawali dengan pertemuan di Unsyiah antara Direktur Ketenagaan Dikti, Rektor Unsyiah, PR I Unsyiah, Ketua PMRI Pusat, konsultan PMRI dari APS Belanda, PMRI Unsyiah, dan koordinator KSU Belanda pada bulan November 2008. Berdasarkan pertemuan ini disepakati bahwa Unsyiah bersedia bekerjasama dengan KSU Belanda untuk membantu dosen FKIP Unsyiah dalam mengimplementasikan RME di Aceh. Sampaikan

  1. 3. Visi, Misi dan, Tujuan P4MRI Unsyiah

3.1 VISI:

P4MRI sebagai pusat pengembangan pendidikan matematika realistik bagi dosen, guru, dan mahasiswa agar mampu mengembangkan sikap demokratis  serta pola pikir kritis, kreatif, dan inovatif.

3.2 MISI:

  1. Melaksanakan Penelitian dan pengembangan pembelajaran matematika realistik.
  2. Membantu meningkatkan kemampuan dosen dan guru dalam menerapkan pendekatan realistik pada pembelajaran di sekolah melalui workshop dan pendampingan.
  3. Mempersiapkan mahasiswa sejak dini menjadi calon guru matematika yang dapat menerapkan pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika.
  4. Sebagai pusat informasi, pelatihan, sumber belajar, dan sarana berbagi pengalaman bagi guru, dosen, dan mahasiswa.
  5. Mengembangkan bahan ajar matematika realistik terutama untuk Aceh
  6. Membantu guru mengembangkan pembelajaran matematika yang demokratis, serta pola pikir kritis, kreatif, dan inovatif.
  7. Perluasan akses pengembangan Matematika Realistik baik pada perguruan tinggi maupun sekolah-sekolah

3.3 Tujuan P4MRI Unsyiah:

  1. Melaksanakan kegiatan workshop bagi guru-guru mitra dan Dosen LPTK di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam;
  2. Pendampingan guru ke sekolah-sekolah mitra diseluruh Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam;
  3. Melaksanakan Penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan matematika realistik.
  1. 4. Legalitas P4MRI Unsyiah

Ketentuan/peraturan  dari pendirian P4MRI ini mengacu pada:

Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 21/DIKTI/Kep/2008 tentang Pengangkatan Anggota Steering Committee, Tim PMRI Pusat, dan Tim PMRI Universitas

Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor: 763 tahun 2008 tentang Pembentukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah.

Surat Keputusan Rektor Universitas Syiah Kuala Nomor: 764 tahun 2008 tentang Pembentukan Personalia Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah.

  1. 5. Struktur Kepengurusan P4MRI Unsyiah

P4MRI Unsyiah setiap tahunnya melaksanakan rapat tahunan untuk mengevaluasi kinerja pengurus dan menindaklanjuti sistem kepengurusan P4MRI Unsyiah dalam beberapa waktu yang telah ditetapkan.

Berikut Kepengurusan P4MRI Unsyiah:

Penanggungjawab : Rektor Universitas Syiah Kuala

Prof. Dr. Darni M. Daud, M.A.

Wakil Penanggungjawab : Pembantu Rektor Bidang Akademik

Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng.

Koordinator : Ketua Lembaga Penelitian Unsyiah

Dr. Musri, M.Sc.

Pengurus Harian :

Ketua : Dr. Rahmah Johar, M.Pd.

Wakil Ketua : Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd.

Sekretaris : Usman, S.Pd., M.Pd.

Bendahara : Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd.

Koord. Bidang dan staf Anggota :

  1. Bidang Kerjasama & Humas          : Dr. M. Ikhsan, M.Pd.

Staf Anggota                                    :

Drs. Salasi R., M.Pd.

Drs. Adnan Ismail

Drs. M. Nasri Noor

Mukhlis Hidayat, S.Pd.

  1. Bidang Pendidikan Dasar              : Drs. Fauzi, M.Pd.

Staf Anggota                                    :

Dra. Bintang Zaura, M.Pd.

Drs. Ir. Johan Yunus, M.Si.

Drs. Hasan Munir

Dra. Yuhasriati, M.Pd.

  1. Bidang Pendidikan Menengah       : Drs. Bainuddin Yani S, M.Pd.

Staf Anggota                                    :

Dr. Salmawaty, M.Sc.

Drs. Budiman, M.Si.

Dra. Suryawati, M.Pd.

Drs. M. Hasbi, M.Pd.

  1. Bidang Pelatihan & Pengembangan          :           Dra. Erni Maidiyah, M.Pd.

Potensi SDM

Staf Anggota                                    : Suhartati, S.Pd., M.Pd.

Drs. Syahjuzar

Drs. Musafir Kumar, M.Si.

Miftahuddin, S.Si., M.Si.

Drs. Anwar Ramli, M.Pd.

  1. Bidang Publikasi & Dokumentasi  : Drs. R.M. Bambang S

Staf Anggota                                    :

Mailizar, S.Pd.

Khairul Umam, S.Si.

Ega Gradini, S.Pd, M.Sc

  1. 6. Sumber dana dan Kekayaan P4MRI Unsyiah

6.1 Sumber dana

Sumber dana bagi operasional dan kegiatan P4MRI Unsyiah berasal dari :

  1. Bantuan P4MRI dari dana Dikti dan Nuffic;
  2. Bantuan dari pengurus P4MRI Unsyiah;
  3. Usaha penjualan Buku, Produk alat peraga, dan CD PMRI.
  4. Hasil dari Kegiatan sosialisasi P4MRI Unsyiah sebesar 15% dari honor sebagai pemateri

6.2 Inventaris

Saat ini P4MRI Unsyiah memiliki kekayaan inventaris yang meliputi

  1. 1 (satu) uni laptop Toshiba, 1 unit Handycam merek Sony, 1 unit kamera Digital merek Canon, 1 unit Printer merek Canon IP 4680, dan 1 unit Scanner merek Canon 2100
  2. 1 (satu) unit Ruang Pinjam Pakai Gedung UP PPL FKIP Unsyiah;
  3. Alat-alat kantor seperti meja, kursi, lemari alat peraga, dll.
  1. 7. Program Kerja

Rencana Program kerja P4MRI Unsyiah terlihat pada tabel berikut

TIME SCHEDULE OF P4MRI UNSYIAH, PGSD, and KSU ON 2010

No Activity Month
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
1 Preparation and MoU xx
2 Selection Unsyiah team (lecturer, student, teacher) to go to Holland 20 persons xx
3 English preparation for Unsyiah team xx xx xx xx xx xx Xx xx xx
4 KSU team in Unsyiah
  1. Preparation Workshop
xx
  1. Workshop in school
xx
  1. Observation in PGSD
xx
  1. Workshop in PGSD
xx xx
  1. Give lesson in PGSD
xx
  1. International Seminar on RME
xx
  1. Coaching teacher to school
xx xx xx
5 Unsyiah team go to Utrecht xx xx
  1. 8. Track Record Kegiatan P4MRI Unsyiah

Terlampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: