PMRI Standar

Standar, Prinsip dan Karakteristik PMRI

Untuk menjamin PMRI dapat berjalan sesuai dengan yang dicita-citakan, perlu adanya suatu standar untuk elemen-elemen PMRI. Standar ini mencakup guru, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, dosen, workshop, dan P4MRI. Semua hal tersebut juga tidak terlepas dari prinsip dan karakteristik PMRI yang pada dasarnya merupakan prinsip dan karakteristik dari RME adapau hal tersebut adalah:

Standar Guru PMRI

  • Guru memiliki kemampuan matematika dan didaktik PMRI untuk mengembangkan suatu lingkungan pembelajaran yang kaya.
  • Guru melatih siswa untuk berpikir, berdiskusi, dan bernegosiasi sehingga bisa menstimulasi inisiatif dan kreatifitas.
  • Guru membimbing dan mendukung siswa untuk menyatakan pendapat dan menemukan strategi mereka sendiri dalam menyelesaikan masalah.
  • Guru mengelola aktivitas kelas yang mendukung siswa bekerja sama dan berdiskusi dengan tujuan konstruksi pengetahuan.
  • Guru bersama dengan siswa menyimpulkan fakta, konsep, dan prinsip matematika melalui serangkaian proses refleksi dan konfirmasi.

Standar Kegiatan Pembelajaran PMRI

  • Mencapai tujuan sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang tertuang dalam kurikulum.
  • Dimulai dengan suatu masalah realistik yang memotivasi dan menolong siswa  belajar matematika.
  • Memberikan siswa kesempatan mengeksplorasi dan mendiskusikan masalah yang diberikan sehingga mereka bisa saling belajar satu sama lain dan mendukung konstruksi konsep matematika.
  • Menghubungkan konsep-konsep matematika untuk menciptakan suatu pembelajaran bermakna dan pengetahuan yang salaing terhubung.
  • Diakhiri dengan refleksi dan konfirmasi untuk menyimpulkan fakta, konsep, dan prinsip matematika yang dipelajari dan diikuti dengan latihan yang memperkuat pemahaman siswa.

Standar Materi Pembelajaran PMRI

  • Sejalan dengan kurikulum.
  • Menggunakan masalah realistik untuk memotivasi dan menolong siswa dalam belajar matematika.
  • menghubungkan konsep-konsep matematika yang berbeda untuk meberi kesempatan siswa mempelajari matematika yang bermakna dan berhubungan.
  • Mengandung materi pengayaan untuk mengakomodasi cara dan tingkat pemikiran siswa yang berbeda-beda.
  • Ditampilkan dalam suatu cara yang memacu siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta menstimulasi interaksi dan kerjasama siswa.

Standar Dosen PMRI

  • Menggunakan prinsip-prinsip PMRI selama pembelajaran untuk membantu mahasiswa mengalami dan memahami PMRI.
  • Mengajar dengan cara yang mendukung interaktifitas dalam ruang kelas sebagai suatu hal yang mencerminkan prinsip mengajar PMRI.
  • Mengobservasi kelas PMRI untuk mengumpulkan data dan informasi yang bisa digunakan dalam pengajaran di universitas dan juga sebagai basis penelitian pengembangan PMRI.
  • Mendukung guru yang menerapkan PMRI di sekolah.
  • Mengadakan penelitian dan membuat publikasi tentang PMRI.

Standar Workshop

  • Aktifitas dalam workshop berorientasi proses, yang mana dapat mendukung peserta memahami ide-ide PMRI,  dan berorientasi produk yang mana sasarannya adalah menyediakan materi yang dapat digunakan di sekolah.
  • Memfasilitasi peserta untuk mengalami sendiri karakteristik PMRI dengan tujuan untuk membangun pengetahuan dan kemampuan mereka.
  • Isi workshop harus sejalan dengan tuntutan kurikulum dan kondisi internal-eksternal sekolah, serta memberi gambaran kondisi ideal yang bertujuan meningkatkan kemampuan adaptasi PMRI di sekolah-sekolah.
  • Selama workshop, peserta merefleksi hubungan antara aktifitas, konsep matematika, dan teori PMRI.
  • Membangkitkan dan membangun kepercayaan diri peserta untuk melanjutkan penerapan PMRI di sekolah.

Standar P4MRI

  • P4MRI adalah lembaga untuk dosen, guru, dan mahasiswa untuk melakukan penelitian dan mengembangkan PMRI.
  • P4MRI adalah pusat konsultasi dan informasi PMRI yang menyediakan informasi, buku, materi pembelajaran, media pembelajaran, agenda untuk pengembangan profesionalitas, workshop, dan pelatihan, jurnal, majalah, dan video.
  • P4MRI adalah pusat pelatihan yang menawarkan pelatihan PMRI yang menarik dan terorganisasi dengan baik serta berfokus pada proses dan isi.
  • P4MRI adalah pusat komunikasi yang menciptakan kerjasama antara sekolah mitra, , LPTK, P4MRI universitas lain, dan pusat kajian nasional dan internasional.
  • P4MRI adalah lembaga yang disahkan oleh rektor universitas yang bersangkutan sebagai satu lembaga semi-independent yang dilengkapi kantor dan staf.

 Karakteristik PMRI

  • Menggunakan masalah kontekstual (Phenomenological exploration)
  • Menggunakan model dan simbol untuk proses mematetisasi secara bertahaptahap (Using models and symbols for progressive mathematization)
  • Menggunakan hasil dan konstruksi siswa sendiri (Using student’s own contribution and production)
  • Interaktivitas (interactivity)
  • Terintegrasi dengan topik pembelajaran lainnya (Intertwinement)

 Tiga Prinsip PMRI

  • Menemukan Kembali (Guided Re-invention).
  • Fenomena Didaktik (Didactical Phenomenology).
  • Model dibangun sendiri oleh siswa (Self-delevoped Models)

sumber:

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD
Beta Press

http://p4mriundiksha.wordpress.com/2010/11/16/standar-pmri/

Zulkardi. (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education
for Indonesian Student Teachers. Doctoral Dissertation. Enschede: University
of Twente.

klik disini untuk melihat dalam versi bahasa inggris

Responses

  1. Koq kosong ya? Judul-judul penelitian di Aceh kan bisa jadi inspirasi untuk teman-teman yang ingin meneliti tentang PMRI.

  2. Sangat penting bagi saya untuk penelitian, terima kasih…


Leave a reply to ANANG SUPRIANTO Cancel reply